The Law of 5 by John C. Maxwell

Majalah lama yang didapat dari hasil bersih-bersih ruang produksi Radio

 

Hari ini saya membaca sebuah artikel dari majalah kristiani, Inspirasi. Majalah yang terbit tahun 2012 ini memuat artikel dan wawancara dengan John C. Maxwell, seorang penulis bestseller. Dia sudah menulis lebih dari 80-an buku. Maxwell menulis buku-buku mengenai leadership dan motivation. Di artikel diceritakan sebuah ilustrasi yang menggambarkan tentang rahasia sukses Maxwell menulis buku-buku bestseller. Ini dia ilustrasinya…

Di halaman rumah Anda ada sebatang pohon yang cukup besar dan tinggi. Diameter batangnya sekitar 50 cm, tingginya 6 meter. Lalu Anda diberi sebuah kapak. Apa yang akan terjadi jika Anda mengayunkan kapak itu lima kali sehari, setiap hari, selama satu tahun ke depan?

Mengayunkan kapak ke pohon lima kali sehari berarti kalau setahun artinya 1.825 kali. Pohon itu pasti roboh. Cukup ayunkan kapak itu lima kali setiap pagi. Setelah itu Anda bebas melakukan aktivitas rutin Anda lainnya. Dibandingkan Anda harus mengayunkan kapak sebanyak 1.825 kali sampai pohon itu roboh.

Si penulis lalu menjelaskan bagaimana Maxwell menerapkan “The Law of 5” dalam hidupnya yang mengantarkan dia menjadi penulis yang sukses. Dikatakan bahwa Maxwell melakukan lima langkah sederhana tersebut setiap hari dan konsisten tanpa henti.

Ini dia “The Law of 5” itu…

  1. READ: baca berbagai macam buku, koran, majalah sesuai minat.
  2. ASK QUESTIONS: ajukan pertanyaan kritis atas apa yang dibacanya.
  3. THINK: renungkan, rumuskan.
  4. FILE: kumpulkan dan arsipkan bahan yang didapat, misalnya informasi, kata bijak, cerita, ilustrasi, data, dsb.
  5. WRITE: buat catatan, tuliskan bahan yang didapat, barang satu atau dua halaman.

5 langkah yang menarik! Tapi konsisten? Setiap hari? PR banget! Dari 5 langkah itu, satu-satunya yang sering saya lakukan adalah nomer 4. FILE. Nemu quote bagus dikit, langsung copas di HP. 😀 Eh tapi meski saya mainan gadget tiap hari, saya masih lho nulis di buku jurnal. Yaaa isinya quote juga sih. 😀 Mau itu quote bahasa Inggris atau Indonesia, kalau itu kata-katanya keren, langsung deh dicatat! 😀

Kalau nomer 1, biasanya saya baca daily devotion dari email yang masuk tiap pagi dan juga baca berita dari website sebuah portal berita lokal. Nomer 3? Hmm… Biasanya kalau bacanya berita kejahatan sih bukannya direnungkan ya tapi yang ada geleng-geleng kepala. Kalau nomer 5… masih belajar buat rajin nulis blog, nih. Yang jarang dilakukan itu yang nomer 2! Hihi. 😛 Habis baca ya udah, biasa aja. Hehe. Nggak bisa banget nih jadi detektif. 😀 By the way, Maxwell melakukan 5 langkah itu selama 40 tahun lho! Hebat! Untuk jadi konsisten itu nggak mudah, butuh kemauan yang besar.

Jadi, menurut kamu, dari 5 langkah itu, mana yang konsisten kamu lakukan? 

Advertisements