Prihatin! Kebun Binatang Semarang Perlu Dibenahi

Untuk keperluan pekerjaan, kemarin Selasa (18/2), saya dan seorang teman berkunjung ke Taman Margasatwa Semarang atau lebih dikenal dengan kebun binatang Mangkang. Mangkang adalah nama daerah kebun binatang itu berada. Cukup membayar Rp 5000 untuk bisa masuk ke kebun binatang Mangkang ini. Sebelum ke sini, saya sempat mencari tahu tentang kebun binatang ini dari Google. Dari pengamatan saya, websitenya cukup menarik dan memberikan informasi yang cukup jelas. Namun, setelah berkunjung ke sana, saya kecewa. Jumlah dan jenis satwa yang sedikit, ditambah lingkungan di dalam kebun binatang yang kotor, sungguh merupakan kondisi yang miris dan sangat membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah setempat. Dalam website mereka mengatakan bahwa mereka menawarkan sarana rekreasi anak-anak terlengkap di kota Semarang yang hemat, bersih, dan sehat, namun sungguh berbeda dengan kenyataannya. Saya melihat banyak sampah di sungai dan lingkungan di dalam kebun binatang, juga kondisi binatang-binatang yang kurus. Saya berharap pemerintah kota Semarang dapat memperhatikan hal ini dan membantu mengembangkan Kebun Binatang Mangkang ini menjadi arena rekreasi keluarga yang lebih bersih dan sehat.

Saat di sana saya mengambil beberapa foto. Sayang, saya tidak sempat melihat koleksi flora di kebun binatang itu dan hanya melihat waterboom dan binatang-binatangnya saja. Ini beberapa foto yang saya ambil.

Saat masuk ke kebun binatang, tempat pertama yang dikunjungi adalah sebuah museum mini.

Di kebun binatang ada waterboom, kolam keceh, museum pesawat, batu terapi, dan area bermain pasir yang waktu ke sana, saya tidak melihat pasir tapi sepetak tanah tandus.

jalan menuju waterboom

jalan menuju waterboom

kolam keceh.

waterboom

waterboom

Museum pesawat

Museum pesawat

Setelah selesai melihat waterboom, kami melanjutkan dengan melihat aneka satwa. Binatang-binatang yang saya lihat seperti sapi, rusa, elang hitam, lutung, beo, blekok sawah, kelinci, merak, julang emas, gajah, rusa tutul, kasuari, buaya muara, singa, harimau sumatera, biawak, harimau benggala, orang utan, wau-wau, beruk, dan beruang madu. 

sebuah pohon yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk

sebuah pohon yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk

Ada juga sungai, tempat bermain bebek air tapi airnya coklat dan banyak sampah. 😦

HTM: Rp 5000

Harga Tiket Permainan: Kereta Mini, Mandi Bola, Kuda Putar, Pemancingan, dan Retmolen sebesar Rp 5000. Istana Balon Rp 10.000

Harga tiket waterboom untuk anak usia 3 tahun ke atas dan pengantar sebesar Rp 10.000

Untuk kereta bayar Rp 3000

Website 

