Review: CHEF (2014)

Carl Casper (John Favreau) adalah seorang Chef profesional di sebuah restoran. Para pelanggan restoran dan teman-teman kerjanya mengagumi dan mengakui kehebatannya memasak. Namun, harga dirinya jatuh saat seorang blogger kuliner terkenal datang ke restoran dan mengkritik masakannya. Blogger ini, Ramsey Michel (Oliver Platt) menulis kritikannya di blog dan kemudian tulisannya menyebar di twitter. Dia merasa terhina dengan kritikan pedas yang ditulis Ramsey. Berkat anaknya, Carl pun akhirnya membuat akun twitter dan dia membaca komentar-komentar orang mengenai dirinya. Dia lalu mengirim sebuah pesan twitter (mention) yang ditujukan kepada Ramsey. Carl tidak tahu bahwa pesan yang dikirimnya tersebut adalah sebuah pesan yang bisa dibaca banyak orang.

Karena merasa terhina dan capek menanggapi pesan twitter dari Ramsey, Carl pun mengundang Ramsey ke restorannya dan berjanji akan membuatkan menu baru khusus untuk Ramsey. Carl ingin membuktikan bahwa dirinya tidak miskin imajinasi dalam membuat makanan. Dia menulis undangan tersebut di twitter. Saat Carl menyiapkan menu barunya, bosnya, Riva (Dustin Hoffman) melarangnya. Riva tidak suka dengan ide baru Carl untuk menyediakan menu baru di restorannya. Riva merasa restorannya laris karena para pelanggan menyukai menu-menu andalan dari restoran mereka. Namun Carl berpikir sebaliknya. Menurutnya, sebuah restoran seharusnya berinovasi terus, dari tahun ke tahun dengan menciptakan menu baru.

Sikap penolakan dari Riva ini membuat Carl kesal dan dia pun langsung meninggalkan restoran yang malam itu sibuk dengan pembeli. Saat tahu bahwa Ramsey ada di restoran itu, Carl mendatanginya dan marah-marah. Seorang pengunjung restoran yang melihat adegan Carl marah-marah lalu merekam dan mengunggahnya ke YouTube. Video Carl pun menyebar luas dengan sangat cepat.

Carl merasa putus asa dan sedih. Dia kehilangan pekerjaannya dan merasa sangat malu pada anaknya karena video marah-marahnya beredar di dunia maya. Mantan istrinya yang mengetahui keadaan Carl lalu mengajak dirinya untuk bepergian ke Miami dengan alasan agar anak mereka, Percy (Emjay Anthony) bisa melihat penampilan kakeknya yang akan bernyanyi di sebuah cafe. Carl pun tidak punya pilihan lain selain menyetujui ajakan tersebut.

Carl berpikiran bahwa perjalanannya di Miami adalah sebuah kesempatan bagi dirinya untuk lebih dekat dengan anaknya. Carl tinggal terpisah dengan anaknya karena anaknya tinggal bersama mantan istrinya. Saat di Miami, Carl bertemu dengan mantan suami mantan istrinya, Marvin (Robert Downey, Jr). Orang inilah yang kemudian memberi Carl modal untuk membuka usaha. Marvin membelikan Carl sebuah food truck.

Dibantu anaknya, Carl dengan penuh semangat membersihkan food truck tersebut. Setelah selesai membersihkan, sebuah kejutan datang. Teman kerjanya, yang adalah asistennya di restoran tempat dia bekerja dulu tiba-tiba muncul dihadapannya. Martin (John Leguizamo) keluar dari restoran dan menyatakan keinginannya untuk bergabung dengan usaha baru Carl. Carl dengan senang hati menerima. Alur cerita kemudian berlanjut dengan kisah perjalanan Carl, anaknya, dan Martin yang berjualan roti dari food truck. Mereka menikmati kebersamaan dari Miami ke LA.

***

Chef (2014) adalah sebuah film drama komedi yang juga mengusung cerita tentang father-son. Alur ceritanya menarik hanya saja kecewa dengan endingnya yang seharusnya bisa dibuat lebih greget. Setelah baca dari Wikipedia, aku baru tahu kalau aktor utamanya, Jon Favreau, yang jadi chef di sini ternyata nggak berperan sebagai aktor saja melainkan merangkak jadi penulis, sutradara, dan produser juga! WOW! 😀 Film ini memberi gambaran mengenai seseorang yang passionate dan punya bakat lebih namun dirinya tidak leluasa berkembang atau tidak berani mengeksplorasi diri karena terhalang dengan kebijakan perusahaan atau idealisme atasan. Good movie!

Advertisements