[Jojo Jalan Jalan] SERU! Menyusuri Sungai dengan Sensasi Cave Tubing Kalisuci

Formasi komplit cave tubing! ;)

Formasi komplit cave tubing! πŸ˜‰

Pada November 2013 yang lalu, saya dan teman-teman kerja mencoba sesuatu yang baru. CAVE TUBING. Meski sama-sama berhubungan dengan air, tapi olahraga ini berbeda dengan rafting. Untuk cave tubing, masing-masing orang memakai ban sendiri dan menyusuri sungai dengan menikmati keindahan gua. Ada 2 gua yang terkenal sebagai tempat cave tubing di Gunung Kidul, yaitu Gua Pindul dan Kalisuci. Kali ini saya memilih Kalisuci. Tim Cave Tubing Kalisuci membatasi jumlah pengunjung hanya 150 orang setiap harinya untuk menjaga ekosistem agar tidak rusak. Ini yang saya kagumi. Tidak hanya berorientasi pada uang, tapi juga peduli pada lingkungan dan alam.

Meski rumah di Jogja, tapi saya tidak hafal dengan jalan-jalan di Gunungkidul. Untuk itulah saya mencatat dan invite pin BB salah satu staf Kalisuci untuk setiap saat dapat bertanya arah menuju Gua Kalisuci. Adalah Mas Edi, salah satu staf yang sabar membalas bbm saya ketika saya kebingungan mencari arah ke Kalisuci. Thank you, mas. πŸ™‚

Saya dan teman-teman berangkat dari Semarang jam 5.45 pagi. Mampir sebentar makan kupat tahu di Magelang dan lalu melanjutkan perjalanan. Perjalanan dari Jogja ke Wonosari sendiri menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam. Lalu dari Wonosari ke Gua Kalisuci sekitar 3o menit. Kami menyewa mobil dari Semarang dan adik si teman yang menyetir.Β 

Sesampainya di Gua Kalisuci, kami menunggu di rumah yang diperuntukkan untuk pengunjung mendaftar dan beristirahat. Kami diminta menunggu dari pihak Kalisuci karena para pemandu masih membantu pengunjung yang lain. Selama menunggu, kami minum teh hangat yang sudah disediakan di rumah itu. Tak lupa untuk memakai sunblock karena saat itu matahari sangat terik. Setelah menunggu sekitar setengah jam lebih, akhirnya kami bisa memakai perlengkapan cave tubing dan bersiap untuk petualangan.

Sebelum mulai petualangan menyusuri sungai, kami briefing atau diberi pengarahan terlebih dahulu. Briefing siang itu dipandu oleh Mas Dodi. Mas Dodi memberitahu bagaimana posisi duduk saat ban bertemu dengan batu-batu besar sungai. Mas Dodi juga mengingatkan kami untuk mengencangkan jaket pelampung sebelum kami turun ke sungai. Setelah berdoa, satu per satu kami pun turun dan duduk di ban karet.

Saat masuk ke dalam gua, para pemandu menerangkan tentang ornamen-ornamen gua. Mereka bilang, tingkat kerapuhan ornamen berbeda. Untuk ornamen gua yang bisa dipegang, tingkat kerapuhannya sangat kecil. Untuk ornamen yang tidak boleh dipegang berarti ornamen itu sangat rapuh. Sayang sekali apabila ornamen tersebut rusak. Untuk pertumbuhan ornamen gua, apa pun bentuknya, perlu waktu ratusan sampai ribuan tahun untuk setiap cm. Sebenarnya sudah rapuh atau tingkat kerapuhan kecil, kita tetap tidak boleh memegang.

Kami senang saat bermain di gua dan tak perlu harus berdesak-desakan dengan pengunjung yang lain. Siang itu kami merasa seperti pemilik gua, karena hanya kami berdelapan, 3 pemandu, dan 1 fotografer yang bermain-main santai di dalam gua. Mulai dari renang, lompat dari batu (ini nggak tinggi tapi saya takut πŸ˜› ), dan bikin formasi dengan bergandeng tangan. Cave tubing memakan waktu sampai 2 jam. Di akhir, ada trekking untuk sampai ke garis finish. Mesti hati-hati karena licin. Dengan dibatasi hanya 150 orang per hari, pengunjung dimanjakan dengan pelayanan maksimal dari tim Kalisuci. Terima kasih untuk tim Kalisuci yang ramah. πŸ™‚

karena nggak berani loncat sendiri, akhirnya ngajak si mas pemandu. dan itu... kenapa ekspresi saya begitu! :(

karena nggak berani lompat sendiri, akhirnya ngajak si mas pemandu. dan itu… kenapa ekspresi saya begitu! 😦

HARUS COBA: Lompat dan terlentang di air.
Lihat ke langit-langit dan nikmati eksotisme gua. Pejamkan mata beberapa menit, rasakan air dan ketenangannya. πŸ™‚

Biaya Cave Tubing per orang Rp 65.000. Sudah termasuk fasilitas:
1. Savety standar equipment (jaket pelampung, helm, deker, ban)
2. Jasa pemandu
3. Asuransi
4. Kamar mandi
5. Minum dan snack (mie rebus)
6. Akomodasi. Dari tempat finish ke sekretariat

Untuk dokumentasi foto bayar Rp 100.000

Kontak: Pin BB 25C17D57.Β 

kalisucicavetubing.blogspot.com

