Day339: YAAAYY! Christmas is Coming! ;)

December and Christmas! My favorite season ALL THE TIME! Natal itu berarti pulang dan kumpul keluarga. :”) Di tempat kerjaku udah terasa banget suasana Natalnya. Sudah dipasang pohon natal, aksesoris atau pernak pernik natal yang digantung di beberapa ruangan atau langit-langit, juga musik dan lagu natal yang dinyanyikan murid-murid. Bulan ini sebelum mudik rencananya aku mau pergi jalan-jalan sama temen-temen kerja. Pergi ke sebuah tempat yang masuk daftar destinasi yang pengin aku datangi. Itung-itung besok itu bakal jadi acara ngebolang akhir tahun. Yak, doakan cuaca baik. Jadi bisa bener-bener total menikmati alam dan perjalanan. πŸ™‚

Libur sih masih tanggal 19 desember nanti dan kesibukan menjelang libur natal semakin padat. Mulai dari latihan nari buat drama musikal, latihan nyanyi, menyelesaikan raport murid-murid, menyiapkan ‘Last Day of School’, dan juga besok minggu nemenin anak-anak pentas nari di gereja. Besok jumat, aku dan temen-temen mau bikin cookies yang rencananya mau dibagikan ke murid-murid waktu acara Last Day of School. Bikin cookiesnya di sekolah dan setelah selesai ngajar. Aku harus bener-bener sehat nih mengingat lagi musim hujan dimana gampang terserang flu dan batuk. Β Sekarang lagi batuk tapi dengan cueknya tadi minum es tebu yang beli di pinggir jalan. Duh! πŸ˜›

Wiken ini pengin jalan-jalan ke mall demi lihat suasana Natal. Pasti seru ya yang bisa merayakan Natal atau jalan-jalan ke luar negeri dan melihat keramaian Natal di sana. Belum pernah πŸ™‚ Dan yah, salah satu temen kerja dari Latvia tahun ini juga nggak bisa merayakan Natal di Latvia bareng keluarganya. Namanya Anna. Bulan ini rencananya dia ngebolang juga sama aku, tapi habis itu dia mau ke Bali, dan sepertinya dia bakal merayakan Natal di sana. Dia non-Kristiani tapi keluarganya merayakan Natal, ya mungkin karena tradisi.

Aku seneng denger ceritanya tentang tradisi Natal di keluarganya. Sebelum Natal, dia dan keluarganya pergi ke hutan untuk mencari pohon Natal. Mereka nggak hanya beli satu pohon saja, bisa beli lebih, karena pohonnya juga diberikan ke anggota keluarga yang lain. Mamanya suka bikin kue dan keluarga mereka nggak punya kue khusus, tiap tahun mereka mencoba resep baru. Selain menyiapkan kue, Anna dan keluarganya menyiapkan kado untuk acara tukar kado dan juga menghias pohon Natal. Mereka berkumpul di tanggal 24 malam atau malam Natalnya. Sehabis makan malam, mereka duduk di ruangan keluarga dan berkumpul untuk acara tukar kado. Kakeknya Anna memakai topi Santa dan berperan sebagai Santa Claus. Tugasnya mengambil kado dan membagikan kado sesuai nama yang tertulis di kado itu. Dan orang yang mendapat kado harus maju dan membacakan puisi yang sebelumnya sudah mereka persiapkan. Puisi itu bisa mereka buat sendiri atau bisa ambil dari buku favorit mereka atau dari mana saja. Setelah membacakan atau menyanyikan puisi, orang yang mendapat kado harus mengucapkan terima kasih ke Santa. Lucu ya. πŸ™‚ Waktu aku bilang sama Anna kalau aku belum pernah lihat salju, dia bilang aku harus lihat. πŸ™‚

Di keluargaku, perayaan Natal biasa-biasa aja. Ibu juga nggak bikin kue karena memang dia sibuk kerja dan juga kuliah. Tapi aku nggak ngeluh, karena kami juga nggak punya asisten rumah tangga. Semua harus dikerjakan sendiri. Kalau pun ada kue Natal, itu pasti beli. Hihi. Nggak ada tukar kado, karena memang bukan tradisi keluarga. Pernah sih sekali bikin acara tukar kado, itu Natal 2 tahun yang lalu. Ya buat seru-seruan aja. Natal ini aku nggak minta banyak, cuma pengin bisa kumpul keluarga dengan formasi komplit. Ada Ayah, Ibu, Edo, dan Tina. Semua juga bisa sehat, jadi bisa ketawa-ketawa dan menghabiskan waktu bareng. Amiiinn! :”)

Btw, berhubung aku suka komik Miiko, jadi aku taruh ilustrasi Natal versi Miiko di sini. πŸ™‚

