Day337: [Jojo Jalan Jalan] Berkunjung ke Agrowisata Sondokoro Pabrik Gula Tasikmadu

IMG_3318
Sabtu (30/11) yang lalu, aku dan teman-teman kerja dapat kesempatan jalan-jalan ke Solo. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah Agrowisata Sondokoro PG Tasikmadu Karanganyar. Tiket masuknya (HTM) hanya Rp 5.000/orang. Siang itu kami ditemani oleh satu pemandu dari PG Tasikmadu yang menemani dari awal sampai akhir acara. Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah naik Spoor Gula dan berkeliling area pabrik gula. Pemandangan yang kami lihat selama berkeliling adalah pabrik gula, taman rekreasi, Sacchasinema, dan homestay. Setelah berkeliling dengan kereta selama kurang lebih 10 menit, pemandu lalu mengajak kami ke Sacchasinema untuk melihat proses pembuatan gula. Di sini kami melihat proses tebu menjadi gula. Setelah dipanen, tebu-tebu tersebut diangkut ke dalam truk dan diperiksa kualitas tebunya lalu diukur bobotnya. Film kemudian dibagi dalam beberapa bagian, yaitu bercerita proses di Stasiun Penggilingan, Stasiun Pemurnian, Stasiun Penguapan, Stasiun Masakan, Stasiun Puteran, dan yang terakhir, Stasiun Penyelesaian. Filmnya sendiri berlangsung sekitar 25 menit. Setelah selesai nonton, kami pun mengakhiri kunjungan dengan berfoto-foto di Monumen Mesin Giling.

IMG_3317

Spoor Gula, kereta yang dipakai untuk berkeliling area pabrik gula. Untuk naik kereta ini tiap orang membayar 8000 rupiah.

Sacchasinema, tempat nonton film proses pembuatan gula.

Foto-foto di Monumen Mesin Giling

Tidak hanya menawarkan edukasi, tetapi Agrowisata Sondokoro ini memberikan tempat rekreasi yang bisa dinikmati keluarga. Ada kolam renang, rumah pohon, flying fox, taman air, kincir, aquarium, perahu ayun, dan beberapa wahana lain yang bisa dilihat di sini.

Jadi, kalau ke Solo, jangan hanya dolan ke Keraton Surakarta atau belanja di Pasar Klewer dan PGS saja, tapi mampirlah ke Agrowisata Sondokoro PG Tasikmadu. Bisa belajar sejarah dan proses pembuatan gula, ditambah rekreasi, lengkap!

Biaya:
1. Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 5000
2. Spoor Gula: Rp 8000
Website: http://www.sondokorotasikmadoe.com

Advertisements