Day306: A Happy Life. A Better Life

Bulan Oktober lalu, gue mulai untuk bisa konsisten dalam banyak hal. Melakukan hal-hal yang gue suka yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup. *tsah* πŸ˜€ Ada beberapa hal yang sudah gue terapkan dan konsisten gue lakukan (meskipun adakalanya bolong-bolong), seperti:

  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari. Dulu gue susah banget kalau disuruh minum air putih. Lebih suka minuman yang manis, apalagi es teh manis. Tapi sekarang gue sudah mulai terbiasa minum air putih lumayan banyak dan mengurangi es teh. Kalau pun pengin minuman yang dingin, gue pasti beli susu kemasan.Β 
  • Bangun pagi. Sebenernya bangun pagi bukan jadi masalah ya, karena sejak kecil kita diajarkan bangun pagi sama orang tua. Ya karena SD itu kan masuknya jam 7 pagi, dan pekerjaan gue sekarang pun menuntut gue masuk kerja jam 7. Ya, maklum, kerjanya juga di sekolah. πŸ˜€ Gue biasa pasang alarm jam 5 pagi, tapi baru bener-bener melek itu jam 6 kurang. Berhubung gue ngekost, kamar mandi adalah salah satu masalah yang serius. Gue tinggal di lantai 2, dan ada 5 kamar termasuk kamar gue. 2 kamar temen kost gue ada kamar mandi dalamnya, sedangkan kamar gue sama 2 kamar lainnya nggak. Jadi, sangat penting bangun pagi, kalau lo nggak mau antri kamar mandi. Enakan mandi duluan dan orang lain ngantri daripada lo yang nungguin mereka mandi. Itu prinsip gue. πŸ˜€
  • Kirim ‘daily motivation devotions’ setiap pagi. Berangkat dari keinginan untuk selalu bisa menyapa orang-orang (keluarga dan teman-teman) yang ada di bbm gue, akhirnya gue kepikiran kirim ayat alkitab yang juga berisi kata-kata motivasi ke mereka. Β Itu gue lakukan tiap pagi sebelum berangkat kerja.Β 

  • Kirim sms atau bbm ke keluarga setiap hari. Berhubung gue LDR-an sama keluarga, komunikasi adalah hal penting buat gue. Gue selalu terbuka sama orangtua gue. Ya cerita hari itu gue ngapain aja, atau juga ngasih tahu rencana liburan gue. Bersyukur gue punya orangtua yang pengertian dan suka doain anaknya. :”)
  • Doa pagi. Maafkan saya Tuhan, saya suka doa pagi dengan terburu-buru. Selalu diburu dengan pertanyaan, “Jam berapa ini?” “Oh, belum nyetrika baju seragam” dan alasan-alasan lainnya. Jadi, tugas gue adalah doa pagi yang bener-bener doa pagi. Daaann gimana sih caranya doa pagi tapi mata bener-bener melek dan badan juga nggak lemes-males? Yak! Mari belajar sama-sama. πŸ˜€
  • Menabung uang kembalian setiap hari. Kalau dapat uang kembalian (receh) belanja biasanya gue simpan di celengan. Tapi ya beberapa gue simpan di dompet. Jaga-jaga kalau butuh uang kecil atau buat parkir. Selain nabung uang receh, gue juga lagi membiasakan untuk nabung 5 ribu rupiah di celengan setiap hari. Tapi ujung-ujungnya pas akhir bulan, gue ambil juga uangnya. πŸ˜€
  • Mencatat pengeluaran setiap hari. Nyatet pengeluaran juga masih di smartphone, belum pernah di buku pengeluaran gitu. Eh tapi, nyatet pengeluaran dan pemasukan itu penting, lho. Kita jadi (belajar) bijak dalam menggunakan uang dan tahu kemana uang itu pergi.Β 
  • Menulis blog setiap hari. Ini masih bolong-bolong, sih. πŸ˜€
  • Olahraga minimal 3 x seminggu. Jadwal olahraga gue adalah hari Senin, Kamis, dan Sabtu atau Minggu. Biasanya kalau hari Senin dan Kamis, gue jogging setelah pulang kerja. Kalau Sabtu, jogging dan aerobik. Di hari lain, gue olahraga sendiri di kamar. Dengan alat bantu 2 botol dengan berat 3000 ml, yang diisi air dan dijadikan barbel. πŸ˜€ Olahraga juga penting buat gue mengingat tahun ini jabatan gue di sekolah adalah guru tari. :p Tapi bener deh, sejak gue rutin olahraga, gue jadi jarang sakit dan semangat hidup nambah. πŸ˜€ Selain itu, olahraga juga bagus buat gue yang susah tidur. Kebahagiaan hidup sepertinya nambah beberapa persen setelah kita olahraga ya. Badan sehat, hati senang! πŸ˜€

Dan ini adalah beberapa hal baru yang gue tambahkan, yang juga jadi prioritas dan investasi gue:

  • SENYUM. Iya, senyum! Berusaha untuk selalu tampil hangat dan murah senyum ketika ketemu sama orang lain, biar hal-hal baik juga datang ke kita. Ini namanya sistem tabur tuai.Β 
  • Bepergian/traveling sebanyak mungkin. Mumpung masih lajang, belum punya tanggungan, mari kita traveling sebanyak-banyaknya! πŸ˜€ Bersyukur gue ketemu sama temen-temen kerja yang suka traveling, jadi bisa diajak janjian ngebolang kemana gitu. Ya untungnya mereka belum pada nikah juga, jadi waktu bukanlah masalah. πŸ™‚ Bulan Oktober pun jadi titik dimana gue bener-bener pengen melakukan sesuatu yang berbeda, yang sebelumnya belum pernah gue pikirin. Seperti naik gunung. Setelah kemarin berhasil sampai puncak Gunung Ungaran, pulang-pulang gue udah mikirin liburan lagi. Traveling itu beneran bikin nagih. Gue jadi kepikiran, sepertinya gue kerja cuma buat nabung buat biaya jalan-jalan. πŸ˜€
  • Baca Alkitab 4 pasal setiap hari.Β Khusus yang ini butuh banget NIAT.
  • Baca buku-buku yang berkualitas. Ini penting mengingat pekerjaan gue sebagai guru dan juga baca buku itu bagus buat menambah pengetahuan dan memperkaya batin. Gue suka baca tentang psikologi, komik Miiko dan Doraemon, sastra, novel, puisi, buku cerita anak, dan chicken soup!Β 


Yak itu tadi semua hal-hal yang gue coba lakukan dengan konsisten. I wish I have a happy life, a better life. I hope you, too! πŸ˜‰

