Day305: Mpu Sendok Semarang

Nasi Krawu IDR 14K

Malam minggu melewati Jalan Depok dan tidak sengaja melihat sebuah rumah makan baru, Mpu Sendok. Pemiliknya adalah orang Surabaya yang ingin mencoba peruntungannya dengan membuka rumah makan yang menawarkan menu-menu masakan Jawa Timur. Mpu Sendok buka bulan Oktober dan tentu saja menunya baru sedikit. Malam itu saya nyoba Nasi Krawu dan teman saya pesan Nasi Udang. Keduanya punya porsi nasi yang cocok buat perempuan. Dengan harga 14 ribu rupiah, saya puas dengan mencicipi daging empal yang dipotong kecil-kecil, paru, kremes, dan sambel. Saat mencoba Nasi Udang milik teman saya, saya tidak begitu menyukai udangnya. Juga dengan sayur asinnya. Kata pemiliknya, masakan Jawa Timur memang asin. Ya, saya yang terbiasa dengan masakan Jawa Tengah yang manis, pasti merasa asing ketika mencicipi makanan yang asin.

Sebagai penghangat tubuh, Wedang Kacang Tanah bisa jadi pilihan yang tepat, meskipun bukan favorit saya karena saya nggak suka kacang. Selain itu, es jeruk nipis juga jadi pilihan yang pas, rasanya segar. Mpu Sendok tempatnya cukup luas. Tempat yang pas untuk makan malam bersama keluarga atau kerabat. Saya suka sama hiasan dindingnya, vintage and homey. 

Nasi Udang IDR 14K

Wedang Kacang Tanah IDR 7500

Jeruk Nipis 5K. Emping 3K.

IMG_2848

Mpu Sendok
Jalan Depok 35 Semarang

Opening Hours: 11.00 – 21.00

