Day 294: Captain Phillips


Captain Richard Phillips (Tom Hanks) ditugaskan untuk memimpin sebuah kapal bernama Maersk Alabama, dimana kapal itu membawa muatan untuk dikirim ke Mombasa. Captain Phillips menerima email peringatan yang memintanya untuk berhati-hati dengan isu mengenai perompak-perompak ketika kapalnya memasuki wilayah Somalia. Dan ternyata benar, ada 2 perahu kecil yang mengikuti kapalnya. Captain Phillips lalu menyuruh seluruh krunya untuk bersiaga dan mereka menambah kecepatan kapal untuk menghindar dari kejaran perahu-perahu tersebut. Di hari pertama mereka berhasil, namun di hari berikutnya, sebuah perahu kecil dengan 4 nelayan bersenjata berhasil mengejar dan mengambil alih kapal mereka. Namun sebelum perompak-perompak tersebut berhasil membajak kapal Maersk Alabama, Captain Phillips sudah lebih dulu mengatakan pada seluruh awak kapalnya untuk bersembunyi di ruang mesin dan tetap berada di situ sampai Captain Phillips memberi kode untuk keluar. 


Seorang kapten perompak bernama Abduwali Muse (Barkhad Abdi) berkata pada Captain Phillips agar dapat memberinya sejumlah uang yang banyak. Captain Phillips lalu berkata pada perompak tersebut bahwa dia akan memberikan uang sebesar 30.000 dolar pada mereka. Seorang perompak yang lain berkata bahwa uang tersebut tidaklah cukup, dia ingin uang yang lebih banyak lagi. Kapten perompak tersebut bertanya pada Captain Phillips dimana para awak kapalnya, namun Captain Phillips mencari-cari alasan untuk menutupi keberadaan awak kapalnya. Tak lama setelah perompak itu bertanya, mesin kapal Alabama mati. Captain Phillips yang tahu bahwa matinya mesin kapal adalah bagian dari rencananya lalu merasa yakin bahwa dia akan dapat mengusir dengan cepat perompak-perompak tersebut dari kapalnya. Dia berpikir dengan memberi mereka uang, mereka akan segera pergi. Namun dugaan Captain Phillips melesat. Kapten perompak tersebut memaksa Captain Phillips untuk menemaninya pergi ke ruang mesin kapal, karena dia penasaran dengan keberadaan para awak kapal dan juga menginginkan sejumlah uang yang besar. 


Captain Phillips kuatir, namun dia berusaha tenang saat menghadapi perompak-perompak yang menodongkan senjata ke arahnya. Para perompak itu pun lalu berbagi tugas. Dua perompak bersiaga di ruang kemudi, dan dua perompak lainnya mengikuti Captain Phillips untuk memeriksa kapal. Sementara itu, para awak kapal yang bersembunyi di ruang mesin, mereka menunggu dengan perasaan cemas. Seorang awak kapal yang mendengar bahwa salah satu perompak tidak memakai alas kaki lalu menyuruh awak kapalnya lainnya agar menaruh pecahan kaca di dekat pintu masuk ruang mesin sebagai jebakan. Jebakan itu pun berhasil, seorang perompak terluka kakinya karena terkena pecahan kaca tersebut. Kapten perompak kesal dengan kejadian tersebut dan tetap memaksa mencari para awak kapal yang bersembunyi meskipun dengan penerangan yang minim. Bermodal sebuah senter, dia menjelajahi ruang mesin kapal tersebut. Sementara itu Captain Phillips sudah pindah ke ruang kemudi untuk mengobati perompak yang terluka kakinya. 

Para awak kapal pun memberanikan diri menyerang kapten perompak dan menyanderanya. Para awak kapal lalu memberitahu para perompak yang ada di ruang kemudi agar mereka bertukar kapten. Captain Phillips lalu memberitahu para perompak tersebut untuk menggunakan kapal sekoci penyelamat agar mereka bisa kembali, juga memberi sejumlah uang yang ada di brankas. Para perompak pun setuju. Namun mereka tak lantas menyetujui semua usul Captain Phillips. Saat kejadian pertukaran kapten, dimana para awak kapal mau menyerahkan kapten perompak, dan perompak mau menyerahkan Captain Phillips, para perompak pun punya ide lain yaitu menyuruh Captain Phillips untuk ikut masuk ke dalam kapal sekoci penyelamat. Captain Phillips pun mengiyakan, meski para awak kapal sudah melarangnya. Saat Captain Phillips masuk ke dalam kapal sekoci tersebut, salah satu perompak lalu memukulnya hingga Captain Phillips jatuh, dan  kemudian kapal sekoci itu pun pergi meninggalkan kapal Alabama.

Para perompak berhasil menyandera Captain Phillips dan mereka berencana untuk membawa si kapten ke pulau mereka. Muse, si kapten perompak tersebut tidak tahu bahwa mereka diawasi dengan kapal angkatan laut yang memiliki persenjataan dan tim yang hebat. Tim angkatan laut tersebut berusaha bernegosiasi dengan para perompak tersebut dan mereka mencari cara untuk bisa menyelamatkan Captain Phillips. 

Sepanjang nonton Captain Phillips lumayan dibikin tegang, karena gregetan liat aksi penyanderaan. Dengan akting Tom Hanks dan Barkhad Abdi, yang berperan sebagai kapten perompak, juga akting beberapa pemain pendukung, Captain Phillips berhasil memberikan tontonan yang menarik. Film yang diangkat dari sebuah buku ini punya ide cerita yang menarik, yaitu gambaran mengenai perompak dan alasan dibalik aksi mereka membajak sebuah kapal besar. Buat mereka yang kangen melihat akting Tom Hanks, film ini cukup mengobati rasa kangen. 🙂

Advertisements