Day135: Pulang

Aku selalu menyukai kata ini. Pulang.

Aku tinggal di kota yang berbeda dengan orangtuaku. Setiap ada hari libur yang panjang, aku selalu sempatkan untuk pulang.

Pulang ke rumah selalu menyenangkan.

Pulang ke rumah berarti kembali menemukan kenangan kanak-kanakmu melalui barang-barang di kamarmu, atau saat kau bertemu teman-teman masa kecilmu.

Pulang ke rumah berarti menghabiskan waktu bersama orangtua, kakak, dan adikmu. Melewatkan saat-saat bersama seperti makan malam di meja makan dan doa bersama sebelum tidur.

Pulang ke rumah berarti menikmati makanan kesukaanmu yang dibuat khusus oleh ibumu dan kau sangat menyukainya.

Pulang ke rumah berarti menghabiskan sore hari di halaman belakang rumah sambil bercanda juga ngobrol-ngobrol santai dengan ayah dan adik perempuanmu.

Pulang ke rumah berarti siap untuk sesi curhat dengan ibumu. Dimulai cerita tentang pekerjaan, orang-orang menyebalkan dan menyenangkan yang kau temui, sampai buka-bukaan tentang pria yang sedang dekat denganmu.

Saat pulang, kadang aku membawa oleh-oleh makanan kesukaan Ayah. Aku juga membawa segudang cerita tentang pengalaman-pengalamanku selama berada di kota-kota yang berbeda. Aku memberikan foto-foto perjalananku pada Ayah dan dia menyukainya.

Ayah sampai bilang pada Ibu agar foto-foto tersebut diperbesar dan ditaruh di album foto keluarga kami.

Meski usiaku makin bertambah, cara Ibu menyambutku saat pulang tak pernah berubah.

Saat melihatku pulang dengan wajah capek kelelahan membawa ransel besar di punggung, dia menyambutku dengan sebuah ciuman di pipi dan pelukan yang hangat.

Begitu juga Ayah yang menungguku di ruang keluarga.

 

Setiap perjalanan selalu bercerita tentang pulang.

Pulang ke mana hatimu berada. Di mana orang-orang terdekatmu menyambutmu dengan hangat.

Pulang adalah moment untuk kembali mengingatkan siapa dirimu dalam cerita-cerita masa kecil dan remaja yang dikisahkan ulang oleh Ayah atau Ibumu.

Pulang, karena keluarga adalah sandaran terbaik untukmu mengadu.

 

Pulang.

Menengok ke dalam.

Menyiapkan hati kembali ke perjalanan.

***

Photo taken by @minidoor

Advertisements