Day111: Perempuan Hebat Itu Ibuku

MENJADI perempuan adalah sebuah hak istimewa. Aku bangga jadi perempuan.  Kadang aku merasa kalau Tuhan lagi punya mood yang sangat bagus saat menciptakan perempuan, karena Tuhan memberi banyak sekali kelebihan pada perempuan. Antara lain kekuatan, ketegaran, dan keluasan hatinya.

Menjadi perempuan berarti harus siap untuk menjalani satu proses lain ketika dewasa atau saatnya tiba nanti, yaitu menjadi seorang ibu. Aku memang belum menjadi seorang ibu, tapi profesi yang kujalani sekarang menjadikanku seorang ‘ibu’ untuk 16 muridku. Sama sekali pekerjaan yang nggak mudah.

Banyak perempuan-perempuan hebat yang kukagumi. Mulai dari kecerdasan, kecantikan sampai kebaikan hati mereka. Aku punya sosok perempuan hebat yang kuhormati, dia adalah ibuku. Aku mengagumi semua yang ada pada dirinya. Bulan juni nanti usianya menginjak 53 tahun, namun semangatnya nggak pernah hilang. Sejak ayah stroke akhir tahun 2008, ibuku yang mengambil alih tugas menjadi kepala rumah tangga. Ibu bekerja, mengurus 3 anak, memasak, mengurus keperluan rumah, dan juga terlibat dalam pelayanan gereja. Banyaaakk yang harus dihadapi dan diselesaikan. Tugas Ibu bertambah karena sekarang Ibu melanjutkan kuliah untuk mengambil gelar S1. Ini bukan keinginan Ibu sebenarnya, tetapi tuntutan dari pekerjaan yang mengharuskan semua guru di sekolahnya harus bergelar S1.

Tanggung jawab Ibuku semakin banyak, dan bisa kumaklumi kalau seandainya Ibu mengeluh, tetapi kenyataannya tidak. Ibuku adalah seorang Ibu yang sangat cinta Tuhan. Hari-harinya diisi dengan membaca alkitab dan berdoa, yang kemudian menjadikan dirinya sebagai pribadi yang kuat. Aku melihat bagaimana perjuangannya untuk keluarga. Ibuku jarang sekali menangis, dan ketika akhirnya dia menangis, aku tahu bahwa dia sangat kelelahan. 

Ibu nggak pernah mendikteku bagaimana menjadi seorang perempuan sejati itu. Ibu membekaliku dengan kasih dan kebaikan hatinya yang secara tidak langsung semua itulah yang membentuk pribadiku sekarang. Aku perempuan yang suatu hari nanti akan menjadi seorang ibu dan aku tidak mau terburu-buru. Mungkin aku nggak bisa sehebat Ibuku, tapi setidaknya aku mencoba untuk menjadi yang terbaik untuk diriku sendiri, syukur-syukur bermanfaat buat orang lain. 😀

Selamat Hari Kartini perempuan-perempuan hebat Indonesia! 🙂

* Postingan untuk memperingati Hari Kartini* 🙂

Advertisements