Day49: Les Choristes (The Chorus)

LES Choristes bercerita tentang kehidupan seorang guru musik bernama Clement Mathieu yang mengajar di sebuah sekolah berasrama khusus putra. Sebagai seorang guru baru, Mathieu terkejut mendapati sistem pengajaran di sekolah ini. Rachin, kepala sekolah yang tegas sekaligus kejam ini mempunyai prinsip “Action, Reaction, dan Punished” ketika menghadapi siswa yang tidak obey pada peraturan sekolah. Siswa yang ketahuan berbuat salah atau melanggar aturan sekolah akan dikurung di sebuah ruangan yang gelap.

Mathieu berbeda dengan guru-guru yang lain. Mathieu lebih suka memahami dan memberi hukuman yang tidak membuat efek traumatik tetapi yang membuat siswa bisa menyadari kesalahannya dan memperbaikinya. Mathieu pun membuat sebuah gebrakan baru di sekolah itu dengan membuat sebuah paduan suara. Dia tahu bahwa anak-anak didiknya punya suara yang bagus dalam bernyanyi, itulah sebabnya dia tetap bersikeras melatih mereka meskipun ditentang oleh kepala sekolah. Kehidupan anak-anak pun mulai berubah setelah mengikuti kelas musik. Mereka yang awalnya pendiam atau suka murung, berubah menjadi anak-anak yang lebih ceria. 

Les Choristes diceritakan secara flashback dan kehidupan anak-anak di sekolah musik ini digambarkan sederhana dan muram. Film ini mengingatkan pada August Rush, yang punya tema cerita yang sama, bahwa musik bisa mengubah segalanya. Seburuk apa pun hidupmu, menyanyi saja, dan segalanya akan jadi lebih baik. Kira-kira gitu gambarannya. 😀 Oya, nemu film ini di Youtube dan meski film Prancis tapi ada english subtitlenya kok. 

Gambar diambil dari Google

Advertisements