Day32: Gembira Loka Zoo

Kapan terakhir kali ke kebun binatang? Kalau gue terakhir kali Desember 2011, ke Batu Secret Zoo di Jawa Timur. Itu kebun binatang paling besar yang pernah gue datangin. Luaaass banget dan tempatnya seru. Tapi kali ini gue nggak cerita tentang Batu Secret Zoo, tapi jalan-jalan ke Gembira Loka Zoo, waktu pulang ke Jogja minggu lalu.

Pertama kali ke Gembira Loka Z00 (GLZoo) waktu SD, perginya sama adek cowok dan om. Waktu itu ke Jogja dalam rangka main. Nggak terlalu inget juga memori jaman SD waktu ke sini dulu, ingetnya juga pas lihat rusa doank. 😀 Tapi, tampilan GLZoo sekarang pastinya jauh lebih baik daripada jaman gue kecil dulu.

Tiket masuk GLZoo sebesar Rp 20.000 (khusus hari minggu/libur nasional). Kalau hari biasa, senin-sabtu, tiket masuknya Rp 15.000. Gue ke sini pas hari Jumat, harpitnas dari Maulud Nabi, jadi ya sepi karena orang-orang pada kerja dan sekolah, kecuali gue. 😀 Asyik sih, jadi bisa maksimal jalan-jalan dan menikmati tanpa harus berdesak-desakan. Waktu ke GLZoo kemarin cuma ke Diorama Flora dan Fauna, naik perahu katamaran, lihat tanaman di Silvikultur, dan binatang-binatangnya. 

TARING (Transpor Keliling). Satu Setop bayar Rp 5000, hanya 1 kali jalan. Multi Setop Rp 20.000, bisa naik dan turun di halte mana saja + kalau mau naik perahu Katamaran nggak usah bayar lagi.

Diorama Flora

Di Silvikultur. Kenalan dengan Bu Indang Silvi yang mengelola tanaman-tanaman di sini. Dijelaskan tentang manfaat tanaman-tanaman seperti binahong dan pegagan. Bu Indang ini usianya sudah 53 tahun dan kerja di Gembira Loka sejak tahun 1986, lho!

IMG_0532

IMG_0536

Di sini bisa lihat aneka jenis katak yang bentuknya aneh bin ajaib itu 😀

Cafe Mayang Tirta. Kayaknya asyik lunch di sana. 🙂

Perahu Katamaran. Tiket Rp 10.000 untuk 10 menit.

Ini di perahu katamaran.

Salah satu gua di GLZoo.

Ini tempat yang biasa dipakai untuk pertunjukan atau atraksi binatang, dan pas gue di sana pas nggak ada atau gue telat ya 😦


Di sana ada wahana-wahana seperti Perahu Boat, Sekuter Air, Perahu Kayuh, Sepeda Air, dan Sirkuit ATV juga. Di sana juga lagi dibangun Bird Park, yang kabarnya nanti ada Penguin dan Flamingo, dan buka pertengahan tahun ini. Saran aja pas ke sini jangan lupa bawa topi dan minum, jangan kayak gue yang nggak bawa apa-apa, selain bawa diri dan kamera doank. 😀

* Photo taken by @minidoor. Canon PowerShot A2300.

Advertisements