[Review] The Billionaire: Tao Kae Noi

the billionaire

Ini Tao Kae Noi gue. Harganya 3 ribu rupiah saja.

*spoiler alert*

The Billionaire, film Thailand yang terinspirasi dari sebuah kisah nyata. Sebuah film yang mengajarkan anak muda makna dari kata “tidak mudah menyerah”. Cerita tentang perjuangan jatuh bangun seorang pemuda dalam merintis usahanya.

Top Ittipat, tidak suka belajar saat duduk di bangku SMA. Dia suka menghabiskan waktunya di depan komputer dan bermain game online. Dari hobinya bermain itu, dia bisa mendapatkan uang dan kemudian membeli mobil pertamanya. Orangtuanya yang melihat gaya hidup anaknya yang santai dan seperti tidak mempedulikan sekolah, menjadi was-was. Mereka ingin Top berhasil dalam sekolahnya seperti kakak-kakaknya. Top bukannya tidak peduli terhadap nasehat orang-orang di sekitarnya, namun berapa kali Top mencoba untuk menyukai sekolah, nyatanya dia lebih suka belajar bisnis. Top mempunyai ambisi untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Top memulai bisnis pertamanya sebagai penjual kacang. Dia meminta pamannya untuk membantu usahanya itu. Top mulai belajar bagaimana menjadi seorang entrepreneur itu. Mengamati dan melakukan inovatif. Dia terus berusaha bagaimana membuat bisnisnya bisa maju.

Gagal sebagai penjual kacang, dia menemukan ide lain untuk menjual rumput laut. Itu pun tidak semudah yang dibayangkan. Saat Top sedang fokus merintis usahanya, masalah dan tantangan bermunculan. Tentang kuliah yang tidak pernah diikuti dan terancam dikeluarkan, keluarga yang terlilit hutang, hingga hubungan dengan pacarnya. Namun yang menarik dari kisah Top ini adalah, dia punya visi yang jelas dalam hidupnya. Dia tahu bahwa dia ingin menjadi pengusaha sukses, sehingga masalah apapun yang harus dia hadapi, membuat dia semakin kuat hari demi hari. Lelah dan hampir menyerah itu sudah pasti, namun dia memilih tetap maju. Meski orang-orang di sekitarnya ragu dan menganggapnya keras kepala, namun dia punya keyakinan yang cukup kuat, yang membuatnya berani untuk tetap melangkah.

Karena kegigihan dan visi yang jelas, Top pun akhirnya berhasil menemukan ide bagaimana menjual rumput laut buatannya itu sampai ke pasar dunia. Nama Top Ittipat pun menjadi terkenal sebagai pengusaha muda sukses dari Thailand. Dia menciptakan camilan rumput laut “Tao Kae Noi” ini pada usia 19 tahun. Tao Kae Noi sendiri artinya “Pengusaha Muda.” Kini Top memiliki 2500 karyawan dan mengirim produknya ke 6000 cabang 7-Eleven. Dia juga memiliki perkebunan rumput laut di Korsel.

Saya pikir ini bukan hanya karena kerja keras, tapi kerja cerdas. Dan Top salah satu contoh yang berhasil. Film ini mengajarkan orang-orang, khususnya bagi mereka yang mau/sedang memulai usaha atau ingin menjadi entrepreneur, agar selalu menghargai setiap proses dan bangkit kembali ketika gagal. Film yang wajib ditonton! 🙂

*Poster film diambil dari Google

Advertisements