Hello Monday

Ketemu lagi sama Senin! Seperti biasa hari ini alarm saya bunyi jam 5 pagi, tapi saya baru beraktivitas jam 5.30. Bangun, doa, terus baca renungan pagi. Judul bacaan pagi ini, “Nikmatilah Hari Ini.” Bagus yah judulnya. 🙂 Di situ ada pesan dari Zig Ziglar yang bilang bahwa, “Anda bisa menjadi orang yang lebih baik jika Anda melihat ke belakang dengan penuh pengampunan, melihat ke depan dengan penuh harapan, melihat ke bawah dengan belas kasihan, dan melihat ke atas dengan penuh rasa syukur. Kita akan memperoleh kemajuan jika tidak selalu mengenang masa lalu dan berani mewujudkan mimpi di masa depan.” Juara! Jadi semangat kerja dan memulai hari kalau gini. 🙂

Setelah selesai baca, buru-buru mandi, dan sambil nonton berita pagi, saya menyiapkan beberapa keperluan sebelum berangkat kerja. Saya biasa berangkat kerja jam 6.30, karena jam 6.55 biasanya ada doa bersama sebelum memulai aktivitas mengajar. Perjalanan dari kost sampai sekolah sendiri sekitar 15 menit. Jauh ya kost saya. 🙂

Seperti biasa, saya beli sarapan pagi di kantin basement, dan seringnya sih beli gudeg! Kurang cinta apa coba saya sama Jogja. 🙂 Saya suka berangkat pagi karena punya waktu untuk set up ruangan kelas. Saya ngajar hanya 3 hari, senin-rabu-jumat, selasa dan kamis biasanya jadwal saya untuk bikin lesson plan, weekly schedule, weekly communication book, dan juga menyiapkan bahan atau art project untuk ngajar.  

Selesai berdoa, semua guru dan staf sibuk mempersiapkan beberapa hal sebelum kelas dimulai. Dan pagi ini terjadi sedikit kehebohan di depan kelas saya. Anak-anak lagi sibuk mempermainkan sebuah hewan kecil yang tak berdaya dan sedikit menyeramkan buat sebagian orang, dan hewan itu bernama… KECOA. Saya yang gemes liat kehebohan itu langsung mendekati dan menyingkirkan hewan kecil yang nggak berdosa itu. Dan kecoa itu pun mati dengan sia-sia. 😀

Minggu ini adalah minggu yang sibuk buat saya, karena harus mempersiapkan keperluan untuk kelulusan murid-murid Trial Class. Ya mulai dari bikin ijazah kelulusan, bikin topi wisuda, ngumpulin semua art project selama 1 bulan dan menaruhnya di paper bag yang sudah ada nama mereka masing-masing. Tapi saya dibantu sama temen buat nyelesain semua tugas itu. Hari kamis (25/10) nanti hari kelulusannya dan saya jadi MC di acara itu.

Waktu saya lagi sarapan, Darren anak KG B datang ke kelas saya dan ini percakapan singkat saya sama dia…

Darren: “I like sky room.”

Saya yang bengong dan nggak ngerti sama apa yang dia omongin terus nanya, “What does it means?”

Darren: “Because this room is blue.”

Oh, jadi maksud Darren, karena kelas saya warna temboknya biru, dia bilang kalau kelas ini sky room. Pinter yah 😀

Darren: “Sky room is cool.” 

Saya: “Maybe I must put sun and clouds in this room.” Kata saya sambil nunjuk satu tembok.

Darren: “It’s ocean room!” Kata Darren sambil nunjuk sisi tembok yang lain, yang ada gambar ikan-ikannya.

Saya jadi senyum-senyum sendiri lihat Darren ngomong. Darren ini pintar dan sebagai murid KG B, dia memang sudah mulai fasih menggunakan bahasa inggris.

Hari ini berjalan lancar dan menyenangkan. Saya membacakan buku cerita saat di Character Class, judulnya, “When I’m Feeling Angry.” Saya suka saat bacain buku buat anak-anak karena bisa ngrasain sensasi bercerita dan berekspresi, meski yah saya masih belajar banyak gimana menjadi story teller yang baik. Anak-anak duduk mendengarkan dan mata mereka lihat ke arah saya atau ke gambar di buku cerita. Ceritanya sendiri tentang kelinci yang suka marah-marah dan kalau marah-marah sukanya menendang mainan atau barang yang ada di dekatnya. Saya bilang ke murid-murid saya kalau marah-marah itu nggak baik, dan lebih baik jadi anak yang suka senyum biar punya banyak teman. Hihi. 

Ada 1 anak di kelas PPG Morning yang badannya sedikit demam. Anaknya masih kecil, belum ada 2 tahun. Namanya Kaynon, dan dia suka sekali digendong. Ini yah yang saya suka dari anak-anak, mereka itu pelukable banget! Hihi. 

Pulang kerja dan lapar berat karena saya nggak sempat makan siang. Akhirnya saya mampir ke Soto Ayam Pak Muh di Jalan Puri Anjasmoro Raya. Saya sih nggak terlalu suka soto semarang, cuma di tempat ini sate ayamnya enak soalnya special ayam kampung. Saya pesan soto 1 porsi, es teh manis dan satenya 3! Hihi. Setiap kali kalau kebanyakan makan dan takut gendut, atau kalau pesan makanan yang mahal, saya biasanya punya kata-kata ampuh untuk meyakinkan diri saya yang lebih tepatnya sih disebut menghibur diri sendiri. Saya suka bilang, “Hidup tuh cuma sekali. Dinikmatin aja.” Nah, biasanya kalau udah gitu, saya nggak mikir macam-macam dan langsung sikat makan ini itu yang bikin saya happy. Eh tapi kalimat itu nggak bisa dipakai saat kita belanja ya, bisa kacau nanti. 😀

Sore dan malam hari saya habiskan untuk nonton berita sore, istirahat, baca buku baru, minum susu coklat, dan ngeblog.  Oke, sekian cerita hari senin saya, saatnya tidur, karena besok bangun pagi lagiii. Arrrgghh!

