Hari 12#: Mengajar Bahasa Indonesia

Selalu ada pengalaman pertama untuk segala sesuatu, termasuk hari ini. Gara-gara guru bahasa indonesia nggak datang, jadilah gue ditunjuk menggantikan mengajar. Gue emang suka pelajaran bahasa indonesia dari jaman gue sekolah dulu, bahkan nilai-nilai BI (baca: bahasa indonesia) gue pun selalu cemerlang. πŸ˜€ Tapi, mengajar bahasa indonesia? Nggak pernah terpikirkan sebelumnya. Apalagi ini ngajar bahasa indonesia ke anak TK. Hwaaaa… pengalaman yang asik.

Hari ini gue ngajar di 3 kelas. Kelas pertama di Kindergarten B alias TK B, yang usia anak-anaknya 5 tahun. Gue ngajarin tentang arah mata angin. Parahnya, gue lupa soal mana itu barat daya, timur laut, atau tenggara… Sampai pagi-pagi sebelum ngajar, gue nelpon si guru bahasa indonesia, Bu Betsy. Jadilah Bu Betsy berkomentar, “Gubrak!” Haha. Gue emang buta soal arah mata angin gitu, apalagi peta. Jangan tanya, deh. πŸ˜€

Selesai ngajar di TK B, lanjut ke TK A pagi dan siang, yang sebagian banyak dari mereka udah gue hapal nama-namanya. Di kelas TK B, gue ngajar huruf baru, ma-me-mi-mo-mu. Mengajar kata-kata yang mudah seperti, makan, mobil, meja, mudik, minum. Dan kata-kata baru yang agak panjang, seperti kata “mutiara”, “melotot”, “mikrofon”. Pas gue nunjukin ke mereka gambar orang yang melotot, gue tanya, “Ini gambar apa, anak-anak?”, trus Maureen di kelas TK A siang menjawab, “juling!!” Gubrak. Padahal gambarnya orang dengan mata yang besar, udah jelas itu mata melotot, tapi anak-anak emang belum tau sih, apa itu melotot. Tapi, kok bisa tau ya istilah “juling”? Diajarin sapa coba? Hihi.

Seru mengajar hari ini. Anak-anaknya pinter semua, meski ada beberapa anak yang perlu berlatih lagi, tapi yang pasti hari ini menyenangkan. Class Supervisor atau wali kelas mereka juga proaktif, jadilah gue banyak terbantu. Anak-anak jaman sekarang hebat-hebat, umur 4 dan 5 tahun udah bisa baca tulis. Jaman gue TK dulu, mungkin taunya cuma menggambar, alias coret-coret, dan main. Main perosotan, ayunan, kejar-kejaran, petak umpet. Haha, seru. πŸ˜€ Baru bisa baca dan tulis, mungkin di SD kelas 1. Itu aja gue jadi kenalan sama si Ani, Budi dan Ibu Budi. πŸ˜€ Ah, jaman emang udah makin canggih, kitanya juga perlu cepet ngikutin biar nggak jauh tertinggal. Di tempat gue aja, anak-anak pra playgroup udah diberi pelajaran komputer, mungkin pas mereka TK atau SD kelas 1, mereka semua udah punya account facebook. Eh, ntar jangan lupa add Miss Yoan ya anak-anak? πŸ˜€

Guru bahasa indonesia ijin 2 hari, jadilah gue besok masih menggantikan ngajar. Besok materinya review huruf yang sudah pernah diajarkan dan dikte, dimana anak-anak nanti diminta menuliskan kata-kata yang diucapkan oleh guru. Juga ada menulis cerita gambar tunggal untuk anak-anak TK B. Yuk mari, belajar bahasa indonesia πŸ˜€

Advertisements