Hari 5#: Tips Sukses dan Berhasil dalam Perjalanan

*Iseng-iseng bikin tips 🙂

Kehidupan terus berjalan, tidak peduli kecil atau besar masalahmu. Kehidupan akan terus berputar, tidak peduli sedang sedih atau bahagia hatimu. Hidup menyenangkan atau menjadi sebuah beban bagimu, semua tergantung pada bagaimana sikapmu memandangnya. Jika Anda melihat segala sesuatu dengan positif, maka yang terjadi adalah hal-hal yang positif. Tapi sebaliknya, jika Anda melihat segala sesuatu dengan negatif, maka hal itulah yang akan terjadi. Tindakan atau perbuatan yang Anda ambil, semua berawal dari pikiran Anda. Cara Anda memandang sesuatu menentukan akan kemana dan hasil apa yang akan Anda peroleh. Karena pilihan hidup yang benar akan mengantarkan kita pada kesuksesan. Maka, untuk menjalani kehidupan yang sukses dan berhasil dalam perjalanan hidup Anda, Anda harus memiliki beberapa resep sukses berikut ini:

  1. New paradigm. Miliki cara berpikir yang berbeda. Anda tidak lagi memandang sebuah masalah sebagai hal yang menakutkan, tapi jadikan masalah sebagai sebuah tantangan yang membuat Anda bertumbuh menjadi pribadi yang kuat dan dewasa.
  2. Miliki visi. Visi adalah gambaran tentang masa depan. Seseorang yang mempunyai visi akan memiliki kehidupan yang terarah. Jadi orang-orang seperti ini tidak akan membuang waktu atau kesempatan mereka dengan hal-hal yang tidak berguna. Sebaliknya, orang yang punya visi akan menggunakan waktu mereka dengan baik, dengan mengembangkan talenta dan memaksimalkan diri untuk berkarya.
  3. Punya komitmen. Komitmen adalah ketekunan dan kebulatan tekad untuk meraih apa yang kita cita-citakan. Miliki terus komitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dalam segala hal. Hal itu akan membuat Anda bersemangat untuk selalu menjadi pribadi yang terbaik, dan tidak sekedar hanya puas menjadi yang baik saja.
  4. Optimis. Miliki sikap optimis dalam menjalani kehidupan, karena percayalah, selalu ada jalan untuk orang yang punya kemauan dan semangat.
  5. Fokus. Tetapkan fokus Anda dengan baik. Jangan membuang energi Anda dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna.
  6. Kenali kelemahan, maksimalkan kelebihan. Orang yang berhasil, mereka mempunyai kelemahan juga, tapi yang dia maksimalkan bukan kelemahannya, melainkan kekuatan atau kelebihannya. Anda harus mengenali kelemahan apa yang ada dalam diri Anda, lalu temukan potensi atau kekuatan dalam diri, dan maksimalkan.
  7. Totalitas. Dalam melakukan pekerjaan apapun, Anda harus total dan tidak setengah-setengah.
  8. Konsisten. Teori untuk berhasil adalah melakukan hal-hal kecil dengan konsisten.
  9. Belajar dari kesalahan. Orang yang memiliki bakat sukses akan belajar dari apapun yang terjadi, termasuk kesalahan. Jadi, jangan takut kalau suatu hari Anda melakukan kesalahan. Ambil sisi positifnya, dan belajarlah dari situ.
  10. Bersyukur. Bersyukurlah untuk hal-hal yang Anda miliki sekarang, dan tetap berjuang untuk menjadi apa yang Anda inginkan besok. Pribadi yang selalu mengucap syukur menandakan bahwa mereka adalah orang yang tahu bagaimana berterima kasih dan menghargai kerja keras diri sendiri, meski tetap harus menjadi orang yang tidak mudah puas.

Sukses itu dimulai dari tekad dalam diri. Kalau mau sukses dan berhasil dalam menjalani kehidupan, maka Anda harus mulai memutuskan dan bijak dalam memilih. Perhatikan hal-hal mana yang membuat Anda bertumbuh dan mana hal yang menghambat diri Anda. Kenali diri dengan baik dan miliki sikap hidup yang positif. Salam sukses 😉

Advertisements