HACHIKO : Anjing yang Setia

Director: Lasse Hallstrom. Cast: Richard Gere. Joan Allen. Sarah Roemer. Jason Alexander. Genre: Drama. Year: 2009

*spoiler alert*

Parker Wilson (Richard Gere) menemukan seekor anjing berjenis Akita Inu, Hachiko, di sebuah stasiun kecil. Parker lalu membawanya ke rumah. Istri Parker, Kate (Joan Allen), tidak setuju jika Hachi dipelihara di rumah. Esoknya mereka memasang iklan, untuk mencarikan seseorang untuk memelihara Hachi. Tapi melihat kedekatan Hachi dengan suaminya dan putri tunggal mereka, Andy (Sarah Roemer), Kate akhirnya merubah pendiriannya.

Kehidupan keluarga Parker menjadi semakin ceria dan menyenangkan, sejak kehadiran Hachi. Parker sangat menyayangi Hachi, demikian sebaliknya. Bahkan kedekatan antara Parker dan Hachi, membawa kesan dan pemandangan yang mengharukan bagi keluarga maupun sahabat-sahabat Parker. Hachi selalu mengantarkan Parker ke stasiun untuk berangkat kerja, dan menunggu Parker pulang kerja pada jam 5 sore. Selalu seperti itu setiap harinya.

Hachiko adalah sahabat yang setia. Terbukti ketika akhirnya Parker meninggal akibat sakit, Hachi tetap setia melakukan hal yang sama… menunggu majikannya pulang kerja di stasiun kereta, pada waktu senja. Dan itu berlangsung selama 9 tahun.  Hingga akhirnya Hachi meninggal, pada bulan Maret 1934. Kisah yang sangat mengharukan. Persahabatan manusia dengan binatang kesayangannya. Hachi mengingatkan kita tentang kisah persahabatan yang tulus, pengorbanan, dan kesetiaan.

Cerita mengenai Hachi ini diangkat dari kisah nyata. Seekor anjing Jepang yang dimiliki oleh Prof. Ueno. Dan kar’na kisah yang sangat menginspirasi masyarakat Jepang itulah, maka dibuat sebuah patung perunggu, yang diletakkan di depan Stasiun Shibuya, untuk mengenang Hachi.

Bagi kalian yang pecinta anjing, wajib nonton film ini. Jangan lupa, sedia tissu ya 🙂

Advertisements