slow motion

Kata orang, berlari yang kencang itu baik, kar’na akan lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Saya nggak pintar berlari, meski dari kecil, orangtua dan guru di sekolah dasar saya, sudah mengajarkan dan mengatakan bahwa olahraga lari itu bagus dan baik untuk kesehatan. Tapi, berlari, apalagi lari yang cepat, bukanlah keahlian saya.

Saya lebih suka berjalan.

Bukan jalan cepat, tapi jalan lambat. Berjalan santai, tepatnya. Kaki-kaki saya jauh lebih menerima, dibanding jika saya harus berlari. Berjalan santai, membawa kesenangan tersendiri.

Saya jadi bisa melihat sekeliling saya dengan lebih lama, punya kesempatan yang banyak untuk mengamati lebih dekat, dan tahu persis bagaimana setiap detailnya. Hal-hal kecil, sesuatu yang sederhana, kebaikan hati orang asing yang tidak kita kenal, kejadian-kejadian kecil yang mungkin tidak bernilai dan tidak ada artinya… suatu hari nanti, kita akan merindukan masa-masa itu. Sangat merindukannya.

Itulah kenapa saya merasa harus menghargai sesuatu, yang mungkin bagi sebagian orang, hanya sebuah hal kecil yang tidak berarti. Saya (mencoba) menikmati hari, ketika adegan slow motion itu diputar. Saat bibir ini berkata lambat dan melihat kaki tangan ini “menari” mengurai waktu. Ada saat-saat berharga yang dihasilkan dari hal-hal yang sederhana, seperti…

Menyeduh teh dan mencium aromanya.

Mengoles mentega.

Menyikat sepatu.

Memberi makan anjing.

Mencuci piring dan gelas kotor.

Mengangkat sampah di dapur dan membawanya keluar.

Mengepel sudut kamar.

Mencabut rumput liar.

Belanja ke pasar.

Menyapa seorang kasir.

Menunggu di stasiun kereta, membaca koran dan melipatnya kembali.

Bertemu dan berkenalan dengan seorang yang asing, di perjalanan menuju rumah.

Berteduh sebentar di angkringan, memesan es teh manis, dan ngobrol dengan pemiliknya, yang ternyata laki-laki separuh baya.

Berkata “terima kasih”, ketika seorang tetangga mengantarkan semangkuk besar tekwan yang enak buatannya.

Tertawa ketika sedang menonton acara sitkom di televisi bersama keluarga.

Hal-hal kecil? Kejadian-kejadian kecil? Itu semua tidak kecil ~ Jon Kabat-Zinn


P.S. Saya tidak merayakan valentine, kar’na buat saya, setiap hari adalah moment untuk menunjukkan kasih sayang. Tapi, Happy Valentine yah semua dan Gong Xi Fa Cai juga, buat teman-teman yang merayakan ^^

Xo, mini

