Edge of Darkness

Director: Martin Campbell. Cast: Mel Gibson. Ray Winstone. Danny Huston. Bojana Novakovic. Shawn Roberts. Damian Young. Genre: Drama, thriller. Year: 2010.

Semalam saya nonton midnite, Edge of Darkness di XXI Jalan Solo. Ini review singkatnya.

Emma Craven (Bojana Novakovic) tewas terbunuh di teras rumahnya, dan ayahnya, Thomas Craven (Mel Gibson) juga berada disana. Semua orang beranggapan bahwa ini adalah kejadian salah tembak, bahwa target yang sebenarnya adalah Tom.
Tom yang merupakan veteran perang dan polisi, mendapatkan tawaran bantuan dari rekan-rekannya untuk menyelesaikan kasus ini. Tapi, Tom, mencari kebenaran dan mengungkap misteri dibalik pembunuhan putrinya ini dengan caranya sendiri.
Petualangan emosional pun dimulai. Diawali dengan menemukan sebuah pistol di laci kamar putrinya. Dengan nomer seri yang tertera, Tom bisa melacak siapa pemilik pistol tersebut. Pistol itu milik Burnham (Shawn Roberts), yang ternyata pacar putrinya. Dari Burnham, kemudian membawa Tom pada Northmoor, dan akhirnya dia tahu, bahwa putrinya yang bekerja magang di perusahaan nuklir tersebut, ternyata menyelundup masuk ke area yang vital dan mengetahui beberapa rahasia penting. Bahwa perusahaan nuklir ini memproduksi nuklir bukan untuk negaranya sendiri, melainkan untuk negara diluar Amerika, dan adanya fakta bahwa terjadi konspirasi politik antara pemerintah dengan perusahaan nuklir ini.
Di sisi lain, Darius Jedburgh (Ray Winstone), yang merupakan orang dari pihak pemerintah AS, ditugaskan untuk “membereskan” Tom. Hal ini sangat penting, karna menyangkut dengan keamanan nasional. Dan orang-orang seperti Emma dan Tom inilah —yang mencoba melawan dan membeberkan fakta—, yang harus dimusnahkan. Tapi Jedburgh malah membiarkan Tom meneruskan aksinya, mencari kebenaran di balik pembunuhan putrinya.

Saya suka film ini. Akting Mel Gibson yang bagus, jalan cerita yang kuat, dan beberapa adegan yang bikin jantung mau copot. Hehe.

Advertisements