Slumdog Millionaire: si “Anjing Kampung” yang Menang Oscar

slumdog-millionaire-f04

Pemain: Dev Patel, Freida Pinto, Anil Kapoor, Mia Drake, Irfan Khan, Imran Hasnee. Sutradara: Danny Boyle. Penulis Skenario: Simon Beaufoy. Penulis Novel: Vikas Swarup.

Selamat atas keberhasilan Danny Boyle yang mengantarkan Slumdog Millionaire mendapatkan 8 penghargaan di ajang bergengsi Academy Awards 2009.

Saya menonton Slumdog Millionaire beberapa waktu lalu dengan adik saya. Dan saya nggak kaget kalau akhirnya film ini berhasil menang dan bahkan menyabet 8 penghargaan Oscar sekaligus. Karena film ini memang bagus dan inspiratif. Penghargaan yang didapat antara lain sebagai Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Adapted Screenplay, Cinematography, Film Editing, Original Score, Original Song, dan Sound Mixing.

Slumdog Millionaire bercerita tentang Jamal Malik (Dev Patel) yang miskin dan penuh perjuangan hidup. Dia tinggal di perkampungan kumuh di pinggiran kota Mumbai. Jamal harus bertahan hidup di kerasnya jalanan hanya berdua dengan sang kakak, Salim. Ibunya tewas ketika diserang oleh segerombolan massa yang datang ke kampungnya. Jamal dan Salim pun sebenarnya pernah mengenyam pendidikan, namun itu hanya sebentar. Selebihnya, waktu mereka banyak terbuang di jalanan untuk mencari uang demi mencicipi sesuap nasi. Ironis memang, ketika anak-anak seusianya seharusnya bisa bebas bermain dan bersekolah, Jamal dan Salim harus berjuang keras menghidupi diri mereka. Kemiskinan, eksploitasi, keterbatasan, dan kebodohan sangat rentan dengan kehidupan mereka.

Namun di sisi kelam kehidupan seorang Jamal, ada selintas sisi manis yang disimpan rapat-rapat oleh dirinya. Latika. Seorang wanita yang dikenalnya sejak kecil. Seorang wanita yang mengenalkan dia akan persahabatan dan cinta yang tulus. Latika (Freida Pinto) inilah yang kemudian akhirnya membawa Jamal duduk di bangku panas kuis Who Wants to Be a Millionaire?

Di kuis ini, Jamal dihadapkan dengan serangkaian pertanyaan-pertanyaan yang sulit, yang kemudian memorinya membawa dia mengingat akan masa lalu nya yang kelam dan menyakitkan. Masa lalu itu lah yang membuat Jamal bisa menjawab setiap pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara kuis, Prem Kumar (Anil Kapoor). Namun malang nasib Jamal, oleh Prem dia dituduh berbuat curang. Maka Jamal dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi.

Jamal bukan lah orang yang mudah menyerah begitu saja ketika dia diperhadapkan dengan problematika hidup yang berat. Masa lalu mendidiknya untuk kuat dan tegar dalam menghadapi persoalan apapun. Dan Jamal mencoba menjelaskan kepala polisi yang menginterogasi dirinya, bahwa tujuan dia mengikuti kuis Who Wants to Be a Millionaire adalah agar Latika, orang yang sangat dicintainya itu, menonton dirinya dan berharap mereka akhirnya bisa bertemu.

Danny Boyle menunjukkan kemampuannya dalam mengemas film ini menjadi sebuah tontonan yang menghibur dan menginspirasi. Bahwa sekelam apapun masa lalu seseorang, atau hidup dalam keterbatasan, tidak ada salahnya untuk kita bermimpi. Karena masa depan sungguh ada, untuk mereka yang mau bekerja keras dan tidak menyerah begitu saja dengan keadaan 😉

Apakah Jamal berhasil membawa pulang 20 juta rupee dan menjadi jutawan? Atau bagaimana kisah selanjutnya antara Jamal dan Latika? Nonton deh film ini 🙂

Dan, Dev Patel itu ganteng ya? 😉

***

Gambar dari sini

Advertisements