Satu Cinta untuk Bumi

Pernah denger global warming atau pemanasan global? Pasti sering banget donk denger kata ini. Kalo ada yang belum tau atau yang mau lebih tau apa itu global warming, baca penjelasannya disini. Gw disini bukan mau bahas soal global warming tapi lebih pada kepedulian kita terhadap lingkungan. Tanpa kita sadari, seringkali dalam aktivitas kita sehari-hari, kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang justru merugikan atau menambah buruk keadaan bumi kita yang sedang β€˜sakit’. Nah, disini gw mau bagi tips tentang mengurangi kadar gas karbon dioksida supaya nggak melebihi ambang batas. Tips ini gw dapat dari Sindo, nggak gw copy-paste secara penuh tapi tipsnya gw kembangin lagi dan gw tambahin beberapa poin di dalamnya berdasar apa yang gw tau πŸ˜€

Pakai listrik seperlunya

Matikan alat-alat listrik yang kurang berguna. Kalo pagi kar’na udah terang, tidak perlu lah menyalakan lampu. Atau yang biasanya tidur harus pakai lampu, ya sekarang dimatikan. Begitu juga dengan AC, akan lebih baik kalo kita bisa menggunakannya dengan hemat. Karna AC juga sebenarnya dapat menyebabkan ozon kita menipis.

Jangan hamburkan air

Menghemat air dalam setiap kegiatan. Hemat air waktu mandi, masak, nyuci mobil/motor, nyiram tanaman atau penggunaan air lainnya. Mematikan air saat menggosok gigi dapat menghemat air dalam jumlah banyak selama sebulan lho.

Hemat kertas

Kalo kita nggak hemat kertas, berarti makin banyak pohon yang harus ditebang untuk pembuatan kertas. Duh ini penting buat gw yang suka boros sama kertas πŸ˜€

Jalan kaki, bersepeda, atau menggunakan kendaraan umum

Jalan kaki selain bisa membakar kalori, juga menyehatkan jantung. Bersepeda juga sehat, melatih otot-otot kita πŸ˜€ Selain itu, cobalah untuk naik kendaraan umum, untuk mengurangi penggunaan bahan bakar.

Kurangi pemakaian plastik

Sampah plastik adalah sampah yang susah terurai. Btw, di Carrefour kan sekarang udah disediain bag khusus untuk menaruh barang-barang belanjaan, sebagai upaya mengurangi dampak buruk global warming. Kalo nggak salah harganya 10 ribu. Nah, coba pakai deh untuk mengurangi penggunaan plastik πŸ˜€

Kalo tipsnya kurang lengkap, tolong ditambahin ya temans πŸ˜€

