ketika Mini berpikir tentang kehidupan

SESEORANG pernah bertanya padaku, “Menurutmu, apa yang paling menarik dari kehidupan?”

“Hmm, yang paling menarik ya?” Aku berpikir ini pertanyaan paling mudah yang pernah kudengar, tapi sekaligus pertanyaan sulit yang membuat ku berpikir keras, mencari jawaban paling tepat. “Melihat diriku berhasil melakukan sesuatu?”

“Kamu yakin?”

Aku memaksakan diri mengangguk, walau ingin sekali aku menggeleng.

“Pernahkah kamu memikirkan orang lain?”

“Pasti pernah. Slalu. Aku kan nggak hidup sendirian.”

“Lalu, apakah kamu juga peduli dengan mereka?”

“Yah, aku peduli.”

“Seberapa pedulinya?”

“Aku peduli waktu temanku menangis dan butuh aku untuk mendengarkan ceritanya. Aku peduli waktu keluargaku membutuhkan aku di samping mereka. Aku peduli waktu pacarku sakit dan aku menjagainya semalaman.”

“Apakah kamu pikir yang kamu lakukan itu berdasarkan cinta?”

“Hmm, ya tentu aja. Aku mencintai mereka.”

“Sekarang kamu tau kan apa yang paling menarik dari kehidupan itu?”

“Cinta?!”

“Iya. Cinta dari orang-orang di sekitarmu. Rasa pasti bahwa kamu bisa mencintai dan dicintai, itulah hal paling menarik dari kehidupan.”

08.10.08

gambar dari glitter-graphics.com

