The Orphanage: Hantu Panti Asuhan

update: maaf, shutter bukan dari taiwan tapi thailand. Heheh. makasi ya temen2 🙂

Direct by: Juan Antonio Bayona. Starring: Belen Rueda, Fernando Cayo, Roger Princep, Geraldine Chaplin, Mabel Rivera.

Judul aslinya, El Orfanato. Film Perancis ini bercerita tentang Laura (Belen Rueda) yang tumbuh di panti asuhan dan meninggalkan panti asuhan tersebut kar’na dia diadopsi sebuah keluarga. Setelah besar dan menikah, dia mengajak suaminya Carlos (Fernando Cayo) dan anaknya Simon (Roger Princep), kembali ke rumah masa kecilnya itu dan merencanakan untuk membangun kembali panti asuhan. Anaknya Simon, sering mengatakan bahwa dia punya teman tak terlihatnya. Orangtuanya menganggap bahwa itu hanya imaginasi anak kecil saja. Suatu hari datang Benigna yang mengaku sebagai pekerja sosial, menyerahkan sebuah dokumen tentang Simon. Dia mengatakan bahwa Simon punya penyakit yang serius dan harus ditangani. Laura bersikeras, bahwa dia dan suaminya yang seorang dokter bisa menanganinya sendiri tanpa membutuhkan bantuan dari orang lain. Dia lalu mengusir Benigna. Laura kemudian menyembunyikan dokumen itu kar’na dia nggak ingin Simon tahu bahwa dirinya diadopsi oleh Laura dan Carlos.

Laura melihat ada sebuah gambar yang dibuat oleh Simon. Disitu dia menggambar 6 orang anak, dengan seorang anak yang bentuk wajahnya aneh. Simon lalu menjelaskan tentang teman-teman (tak terlihatnya) itu dan tentang permainan dan harta karun mereka. Laura ikut bermain dengan Simon dan permainan berakhir dengan diketemukannya sebuah kunci laci dapur, tempat laura menyembunyikan dokumen tentang Simon. Simon marah ketika akhirnya tahu bahwa dia bukanlah anak Laura dan Carlos.

Suatu hari Laura dan Carlos membuat acara yang mengundang orang tua dan anak-anak kecil, dan mereka wajib memakai topeng. Simon tidak mau turun dan dia memilih untuk tetap di kamarnya. Laura dan Carlos pun sibuk dengan tamu-tamu mereka, ketika akhirnya Laura kembali ke atas dan mencari Simon, Simon tidak ada. Laura melihat seorang anak dengan karung beras yang menutup wajahnya, dia pikir Simon. Lalu dia mencoba membuka dan ingin melihat wajahnya, tapi anak misterius itu kemudian mendorong Laura ke kamar mandi yang menyebabkan tangan Laura terjepit pintu dan mengeluarkan darah. Anak itu mengunci Laura disana. Kemudian datang Carlos dan beberapa orang mengeluarkan Laura dari sana. Laura melanjutkan mencari Simon keluar rumah, dan karna dia berlarian di pantai kakinya terluka. Dia melihat Simon ada di gua dekat pantai, tapi Carlos bilang disana tidak ada siapa pun. Laura lalu dilarikan ke rumah sakit.

Laura dan Carlos terus berupaya mencari Simon yang hilang beberapa bulan. Selanjutnya, dimana Simon berada? Apa dia diculik oleh teman2 tak terlihatnya? Siapakah Benigna sebenarnya? Dan misteri apa yang terjadi di rumah bekas panti asuhan itu? Nonton sendiri ya 😀 Nggak gitu nakutin kok, tapi tetep gw takut dan deg2an 😀 Film horor favorit gw dan buat gw serem abis itu, Shutter. Tapi bukan versi baratnya, versi yang aslinya dari taiwan. Buat yang suka horor, wajib nonton The Orphanage ini 🙂

Asal poster

Advertisements