BBM Naik, Rakyat (makin) Sengsara?

Sekitar jam 21.30 para menteri yang rapat di Departemen Keuangan akhirnya mengumumkan kenaikan harga BBM. Melalui Menteri ESDM Pak Purnomo Yusgiantoro, dijelaskan bahwa mulai jam 00.00 pada 24 Mei 2008, BBM resmi naik.

Harga Baru

Premium Rp 6.000,-/liter

Solar Rp 5.500,-/liter

Minyak tanah Rp 2.500,-/liter

Disamping itu, Aburizal Bakrie selaku Menko Kesra juga memberikan penjelasan mengenai bantuan-bantuan yang akan diberikan Pemerintah untuk membantu rakyat guna “meringankan” beban rakyat yang (mungkin) akan semakin terpuruk akibat kenaikan harga BBM tersebut. Salah satu bantuan yang ditawarkan Pemerintah adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang serempak akan dibagikan besok tanggal 24 Mei 2008 pada pukul 09.00 Wib di kantor pos di beberapa kota yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. BLT ini sendiri diperuntukkan bagi mereka yang tergolong keluarga tidak mampu.

Kita tunggu saja, apakah BLT ini menjadi solusi tepat untuk dan bagi rakyat yang semakin susah dan sengsara mengatasi perekonomian dan kebutuhan hidup yang terus meningkat? Atau BLT semacam “pengalihan perhatian sesaat” yang dilakukan oleh Pemerintah agar rakyat diam dan tidak demo terus? Well, saya rasa pemerintah lebih tahu soal itu.

Advertisements