Aku, Sepatu Balet, dan Balerina

ballet shoes

Aku melirik sepatu di samping tempat tidurku. Sepatu baletku yang baru. Ibu membelikanku dengan sebuah syarat, “Janji ya. Kau harus terus menari, dan sepatu ini akan membawa hatimu untuk selalu menari sampai kapanpun.”

Aku membalas ucapan ibu dengan memeluknya, dan berbisik, “Aku janji, bu.”

* * *

Aku Joanna. Ibu membelikan sepatu balet pertamaku ketika usiaku masih 7 tahun. Kini, ketika beranjak dewasa, aku bisa memiliki sepatu balet dengan uangku sendiri.

Aku mencintai balet. Lebih dari cintaku pada anjingku Brad atau hobiku yang suka berkebun. Balet adalah hidupku. Waktuku sepenuhnya hanya untuk menari.

Balet. Sebuah dunia, yang menyihirmu dan membawamu mencintai setiap lompatan dan jemari lentik seorang penari. Jangan tanya, seberapa keras aku berlatih agar kaki-kaki ini kuat melompat. Yang slalu kuingat, tidak penting seberapa hebat kau menari atau seberapa gemulai tubuhmu meliuk. Jika kau menari bukan dengan jiwamu, maka tarian itu sama sekali tidak tampak anggun.

Guru baletku slalu bicara begitu. Dia mau aku tak hanya mengerti soal tubuh yang harus slalu tegak, bagaimana posisi kaki yang benar ketika berdiri, atau jam latihan yang begitu padat.

Dia slalu bilang padaku, “Menarilah dengan jiwamu. Biarkan jiwamu berekspresi. Lakukan tarian itu dengan cinta. Keindahan tarian terletak dari caramu membuat jiwamu bebas.”

Aku slalu mengingat hal itu dan masih terus belajar, sampai sekarang. Aku tidak mau menjadi balerina yang cepat merasa puas. Seperti janjiku pada ibu, ketika masih kecil, selamanya aku akan menari. Menjadi balerina kebanggaan ibu :)

***

Dedicated for: Guru tambourineku dan teman-teman penari di RP Adisucipto. Juga balerina-balerina kecil di Bailamos. Aku iri sekali sama kalian ;)

17 thoughts on “Aku, Sepatu Balet, dan Balerina

  1. Waaaannn….gile lu…trnyt lu balerina yah????baru nyaho aden…btw lu balet dimane?sumpe gw love balet bgt nduk…krn diriku ga sempet,gw pgn bgt anak ce gw nari balet…obsesi emake hehe…bisa kasi info ga t4 balet di bdg n yk??
    heheh… aku bukan balerina, aku penari tambourine. kalau di Jogja, yang aku tahu, sekolah balet di Demangan, dekat SMU De Britto. namanya Bailamos. pengen sih ikut balet class, tapi trus inget umur.. heheh :) Eniwei, makasii yah Amanda, sudah main ke blog :)

  2. mbak, mau nanya yg jual sepatu balet di jogja dimana ya?
    thanks
    Di Bailamos, itu sekolah balet, tempatnya di Demangan, dekat smu Kolese de Britto…
    harganya 40 ribu berapa gitu :)

  3. Kmu penari tamborine jga yaa??
    Are u cristiant?

    hey, yessi :)
    iya, saya penari tambourine, dan saya kristen. salam kenal :)

  4. kmu grja mna??
    bleh tw g guru tamborine kmu dr mna?
    n tambrne kmu,klo beli aksesoris d mna yaa??
    aq jga pnari tambrn
    GBI Adisucipto Jogja.. sebelah SMU De Britto.
    pelatih tamborineku masih muda kok, dia asalnya dari Palu. kayaknya temen2 tamborine kalo cari aksesoris, bisa dapat di Jogja atau di Semarang. tapi kalo di Semarang, kayaknya beli rebananya. kalo soal aksesoris, biasanya sudah ada 1 orang yang sudah ditunjuk di tim tamborine, utk mengurusi segala macam aksesoris yang mau dipake buat ibadah hari minggunya. btw, Yessi, kamu gereja mana?
    -mini-

  5. allow…saya setuju sekali dgn pendapat “‘menari dgn jiwa”‘.ya…klo nari buat Tuhan harus dgn sgenap hati,jiwa n kekuatan (power).salam knal…saya dulu prnah melatih tambourine GBI RUMAH PUJIAN Yogyakarta ’97-00.jadi kangen ama angkatanku:vani,rina,putri,sisca,fitri,trifena,lia,ketty,susan,dll.i miss u so much.kapan reuni???? rebecca

  6. Annku jg blajar balet…udh grade 6…kemaren br ak belikan flat shoes…Rani emang senang balet mule TK..skr br kls 7…cita2nya malah pingin jd guru balet

  7. hai salam kenal….
    bisa share juga nich soal tarian khusus nya tambourine…
    saya juga penari tambourine di GSJA MARANATHA LUBUK LINGGAU

  8. guys bisa minta bantuan gak .. tolong hubungi saya yah .. kami lagi perlu sepatu utk menari tamborine dan tamborine .. saya dari papua (sorong) dari gereja GBI MIRACLE sbgi penari jg , tapi kami pingin beli cm di sini gak ada yang jual bisa infox gak guys … tolong hub sy yah yang niat untuk membantu .. 0852-5454-5353 .. thanks .. GBU all

  9. Aku dari timika papua ..

    Penari tambourine juga ,,
    Disini agak sulit untuk cari barang2 yg berhubungan dgn tambourine ..
    jd tolong infonya ,,,

  10. Wah.. pgn bgt bs ballet.. tp dsni (purwodadi-grobogan jawa tengah) g ad skulah ballet.. ad g ya temen yg bs ballet mau ngajar dsni? Tlg infonya ya.. klo yg minat ngajar ballet dsni.. pgn bikin skulah ballet utk ank2 gitu.. kan pagi disini uda playgroup n les-lesan.. kebanyakan ortu pd cerita klo mrk jg pgn ankx les ballet.. cuman g ad aj dsni..

Leave a Reply

